Teori Uses and Gratifications (Kegunaan dan Kepuasan)


Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz (1974). Teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik di dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya.

Elemen dasar yang mendasari pendekatan teori ini (Karl dalam Bungin, 2007) : (1) Kebutuhan dasar tertentu, dalam interaksinya dengan (2) berbagai kombinasi antara intra dan ekstra individu, dan juga dengan (3) struktur masyarakat, termasuk struktur media, menghasilkan (4) berbagai percampuran personal individu, dan (5) persepsi mengenai solusi bagi persoalan tersebut, yang menghasilkan (6) berbagai motif untuk mencari pemenuhan atau penyelesaian persoalan, yang menghasikan (7) perbedaan pola konsumsi media dan ( perbedaan pola perilaku lainnya, yang menyebabkan (9) perbedaan pola konsumsi, yang dapat memengaruhi (10) kombinasi karakteristik intra dan ekstra individu, sekaligus akan memengaruhi pula (11) struktur media dan berbagai struktur politik, kultural, dan ekonomi dalam masyarakat.

Teori yang saya angkat yang berkaitan dengan youtube adalah teori kegunaan dan kepuasan. Hal itu dikarenakan teori ini menjelaskan bahwa pengguna youtube memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Youtube memberikan kepuasan dan kegunaan tersendiri bagi penggunanya karena youtube menggunakan media audio visual atau gambar dengan suara sehingga memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang yang mengakses informasi-informasi di youtube. Youtube memberikan kegunaan yang sangat penting bagi masyarakat luas karena youtube menyajikan berbagai informasi baik dalam maupun luar negeri di berbagai bidang. Kejadian-kejadian penting, kejadian-kejadian bersejarah dll ada di dalam youtube. Youtube juga memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya karena youtube memberikan informasi berupa audio visual. Berbeda dengan media yang lainnya seperti koran, majalah, radio dll. Penggunanya merasa puas karena dapat menyaksikan langsung kejadian-kejadian yang ada di dalam youtube. Dalam hal ini youtube sangat tepat bagi penggunanya yang menginginkan kepuasan dalam mengakses berbagai informasi.

 

 

http://makalahdanskripsi.blogspot.com/2009/02/teori-teori-komunikasi.html

Febry Argha P. / 09220424 / F Ikom.

 

 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: