Internet – Febry Argha Prasetya 09220424 / F IKOM

  1. 1. Fungsi dan kegunaan internet :
  • Mempermudah dalam pekerjaan
  • Sebagai sarana hiburan
  • Sumber pengetahuan dan informasi
  • Sarana komunikasi
  • Sebagai tempat berkarya yang positif
  • Sebagai tempat usaha / jual beli
  • Tempat berdiskusi, bertanya dan memperoleh jawaban
  • Sebagai tukang pos / mengirim pesan kilat

  1. 2. LAUNCHING

Kita kembali ke masa lalu dan kita coba memahami apa sebenarnya Internet itu. Contoh sederhana beberapa komputer di suatu kantor yang dihubungkan dengan kabel sehingga satu sama lain dapat berbagi data, program, dan saling berkomunikasi dengan mudah dan cepat serta akurat. Dan dengan menghubungkan komputer Anda ke jaringan Internet maka komputer Anda sudah saling terhubung dengan komputer lain diseluruh dunia.

Pada awalnya Internet hanya terdiri dari beberapa jaringan komputer kecil yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika ARPANET untuk tujuan riset, yakni sekitar tahun 1969. Pada tahun 1971 ARPANET baru terdiri dari lima belas titik jaringan (nodes) dengan 23 host (server induk), dan aplikasi yang canggih waktu itu adalah elektronik mail. Tahun 1973 ARPANET membentuk WAN yang terhubung dari Amerika ke jaringan di Norwegia dan Inggris. Tahun 1983 ARPANET baru terdiri dari 235 Host. Angka ini melonjak pada tahun 1989 hingga mencapai 100 ribu host. Tahun 1990 ARPANET berganti nama menjadi INTERNET. Pada ulang tahunnya yang ke-25 Internet sudah terdiri dari 2 juta lebih host dan meningkat menjadi 2 kali lipat pada tahun 1995 (4 juta host). Internet bukan lagi sekedar jaringan yang meliputi Amerika dan Eropa, tapi sudah meliputi seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia.

Internet ini kalau kita ibaratkan seperti jalan raya, ada jalan protokol, jalan bebas hambatan, ada pula jalan utama, jalan kecil hingga gang kecil yang ada disuatu peloksok desa. Maka Internet pun memiliki “jalur” utama. Jalur utama ini dalam Internet ini sering disebut denganbackbone. Dengan backbone ini akan terhubung banyak jaringan komputer diseluruh dunia baik jaringan LAN (Local Area Network) maupun jaringan WAN (Wide Area Network).

 

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik).

Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik.

Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.

Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

 

 

 

 

  1. 3. Perubahan sosial budaya dan ekonomi

Internet merupakan hasil penggabungan kemajuan teknologi komputer dengan kemajuan teknologi komunikasi yang dianggap sebagai bentuk revolusi di kedua bidang tersebut. Dengan kemampuan pembaruan data yang cepat, internet berkembang sebagai “jendela dunia” yang up to date. Melalui internet, banyak kemudahan yang dapat kalian peroleh tanpa harus berurusan dengan birokrasi antarnegara. Pengiriman surat, data, atau dokumen-dokumen penting ke berbagai penjuru dunia dapat dilakukan dalam hitungan detik. Dengan lahirnya internet banyak terjadi perubahan di berbagai aspek. Dalam hal ini saya akan menjelaskan perubahan di bidang sosial budaya dan ekonomi. Perubahan dalam sosial budaya tampak jelas dengan dengan datangnya internet. Internet sangat cepat dikenal oleh masyarakat luas khususnya para pelajar. Dengan adanya internet para pelajar tidak perlu susah payah mencari informasi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Dengan internet kita juga mudah untuk mencari teman melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, friendster dll. Komunitas-komunitas gamers game online lahir karena adanya internet. Dalam bidang perekonomian internet juga berperan penting. Seperti jual beli melalui internet, produk-produk baru dapat dengan cepat diinformasikan pada konsumen. Hal ini akan mempercepat pola penawaran dan permintaan di pasar. Bahkan, saat ini sistem bisnis melalui multimedia sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, misalnya dengan cara telemarketing yang melalui internet. Kekayaan dan utang suatu negara dapat diketahui dan dibandingkan dengan kondisi di negara lain, sehingga hampir tidak ada rahasia yang dapat tertutup rapat.

  1. 4. Peran serta pemerintah

Bukan rahasia lagi, akses internet di Indonesia tergolong sangat mahal dibandingkan negara lain di dunia. Belum lagi persoalan bandwith yang cukup terbatas dan beberapa masalah infrastruktur lain. Dari sisi pemerintah sendiri harus diakui sudah banyak upaya dalam meningkatkan infrastruktur internet. Akses internet di kota-kota di Indonesia sudah bisa dilakukan walau kecepatannya masih lambat. 

Yang menjadi masalah sekarang adalah kita harus punya bandwith yang lebih besar ke luar negeri sehingga akses bisa lebih gampang dan orang Indonesia bisa menikmati layanan seperti youtube dan lain sebaginya.
Bandwith internet ke luar negeri ini menjadi hal penting karena akan menentukan seberapa besar kecepatan akses internet ke luar negeri. Bandwith yang kecil, tentu saja membuat akses terbatas dan menyebabkan akses menjadi lambat. Inilah yang sering menjadi keprihatinan banyak kalangan IT di Indonesia.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah soal biaya akses internet yang tidak murah. Untuk itu pemerintah memegang peranan penting. Bagaimana pemerintah bisa mengurangi pajak atau apapun yang terkait dengan koneksi internet yang mungkin dibebankan kepada operator atau penyedia jasa internet sehingga ujung-ujungnya biaya akses bisa lebih murah di Indonesia. Karena boleh di bilang akses di Indonesia itu masih sangat mahal. Di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, satu jam itu bisa 4 atau 5 ribu rupiah/ jam. Tentu akan menarik kalau biaya per jamnya seribu rupiah. Ini akan meningkatkan jumlah pengguna internet ke depan.

Karena masyarakat Indonesia sebetulnya merupakan masyarakat yang suka meniru idola atau figurnya, pemerintah bisa menunjukkan bagaimana mereka menggunakan internet. Hal tersebut sekiranya akan berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman rakyat kita terhadap internet. Salah satu cara yang dapat dipakai, mungkin sebaiknya presiden Indonesia bercerita tentang bagaimana mereka memakai internet dan sebagainya, seperti PM Singapura berpidato tentang bagaimana IT, internet, blog dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan Singapura. Dengan begitu, mungkin saja dapat menginspirasi masyarakat Indonesia bahwa teknologi adalah sebuah alat untuk mencapai tujuan. Jadi tujuannya bukan pada teknologi itu sendiri, tapi sebuah alat.
Contoh lainnya selain Singapura adalah Jepang. Dimulai dari era Junichiro Koizumi hingga Perdana Menteri sekarang Shinzo Abe, mereka terbiasa berkirim email setiap dua kali seminggu kepada seluruh rakyatnya. Konon email tersebut ditulis langsung oleh Sang Perdana Menteri dengan gaya yang sangat informal bak berkirim surat kepada kawan dekat, walaupun juga menyertakan cerita tentang kebijakan-kebijakan pemerintah. Di balik bentuk komunikasi politik yang dilakukan sang perdana menteri, ini juga sekaligus bentuk memasyarakatkan penggunaan internet. Sebenarnya Presiden SBY sendiri bukan tidak memberi contoh. Beliau sudah memiliki situs internet pribadi yang beralamat di http://www.presidensby.info yang ditangani oleh sebuah tim khusus. Namun agaknya diperlukan upaya yang lebih besar untuk membantu memasyarakatkan internet di Indonesia, baik dari segi sosialisasi maupun dari kebijakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar pustaka :

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090311011930AAGD63j

http://tskau0.tripod.com/sejarah_singkat_internet.htm

http://www.sejarah-internet.com/

http://www.crayonpedia.org/mw/BSE:Perilaku_Masyarakat_dalam_Perubahan_Sosial_Budaya_di_Era_Global_9.2_(BAB_15)

http://www.waena.org/index.php?option=com_content&task=view&id=179&Itemid=30

 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: