( FACEBOOK ) Syariful Latief – 09220396 – IKOM F

Definisi Facebook

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Cara Penggunaannya
Pertama, pastikan kita mempunyai e-mail sebelum membuat account Facebook. Jika belum mempunyainya maka buatlah terlebih dahulu. Kemudian setelah itu baru kta dapat membuat account Facebook. Cara membuat facebook ini sangatlah mudah sekali kita cukup ketik http://www.facebook.com,kemudian kita mengisi nama depan,nama belakang,lalu memasukkan email,terus pilih jenis kelamin,kemudian pilih tanggal lahir,dan yang terakhir klik sign up maka kita dapat menggunakan facebook.Setelah membuat account Facebook, lalu kita dapat menggunakannya.
Berikut adalah pembahasan antarmuka Facebook, “memahami apa saja yang ada” pada facebook ini. Sekarang, kita akan masuk ke account facebook kita. Ini lah tampilan halaman facebook setelah login :
Tampilan Home Facebook
Ada dua elemen dasar yang selalu ada di setiap halaman facebook :
• Menu Utama di atas halaman, elemennya (dari kiri ke kanan)
* Home – link menuju halaman home / utama
* Profile – link menuju profile anda
* Friends – link menuju halaman berisi daftar teman anda, lengkap dengan status update-nya
* Inbox – link menuju kotak pesan pribadi anda. Jika ada pesan baru di inbox anda, sebuah popup berisi jumlah pesan baru yang masuk dan belum terbaca akan muncul.
* Nama Anda – Link menuju halaman profile anda, seperti link profile
* Settings – Link menuju halaman pengaturan, dimana anda bisa men-setting account facebook anda, mulai dari merubah data pribadi, menambah atau meninggalkan networks, pengaturan notifikasi (e-mail yang dikirim ke alamat anda berisi update kegiatan account facebook anda), pengaturan dan pengaturan facebook mobile, dan pengaturan bahasa
* Logout – Link untuk sign out dari facebook
* Form pencarian – Link untuk pencarian
• Satu elemen lagi yang pasti ada di tiap halaman facebook :
Menu aplikasi yang “menempel” di bagian bawah browser (dari kiri ke kanan)
* Application box – berisi daftar aplikasi yang di bookmark / terinstall dengan account facebook anda. Klik box ini, maka daftar aplikasi tersebut akan muncul, seperti ketika anda meng-klik icon start di sudut kiri bawah windows
 5 bookmarked application icon – ikon 5 aplikasi teratas yang anda bookmark. Untuk menentukan 5 ikon yang akan tampil di menu aplikasi anda, cukup dengan klik appliaction box yang paling kiri itu, lalu di drag and drop ke urutan 5 dari atas, di bawah title bookmarks. Jika anda mengklik icon tersebut, anda akan dibawa ke halaman applikasi tersebut.
 Facebook Chat ( Online Friends ) – Di sebelah kanan, ada aplikasi facebook chat yang menunjukan ada berapa teman dalam friendlist anda yang sedang terhubung dengan facebook dan bisa anda ajak chatting via facebook chat. Klik, sebuah list berisi daftar teman akan muncul, terus klik seorang teman untuk diajak chat. lalu chatting.
 Notification – klik, maka sebuah daftar berisi notifikasi aktifitas terakhir yang berhubungan dengan anda akan muncul . Sangat bermanfaat, seperti melihat apakah ada seseorang yang mengisi dinding anda, dll.
 Chat Setting – Untuk mengatur profile chatting anda. seperti membuat fitur chat berada di halaman sendiri yang terpisah agar lega, atau ingin berselancar di facebook tapi offline di facebook chat? bisa diatur disini :
Sekarang, elemen yang ada di halaman HOME, halaman pertama yang terbuka setelah login ke facebook :
 Status Updates
Seperti Shout pada friendster, namun lebih berguna. Ketika anda menupdate status anda, status yang lama tidak hilang begitu saja melainkan “diarsipkan” dan masih bisa diakses.
Feed yang berlokasi di “area utama” halaman home, dibagi kedalam beberapa tab, berdasarkan tipenya
 News Feed
Feed aktifitas anda dan teman – teman yang ada di friendlist anda. Misalkan seorang teman anda baru saja menambahkan seseorang ke dalam friendlistnya, anda akan mengetahuinya karena “berita aktivitas-nya” akan muncul disini.
 Status Updates (Feed-nya)
Ini dia twitter dalam facebook. LOL di tab ini, anda dapat mengetahui status terakhir dari teman – teman yang berada di friendlist anda, dan memberikan komentar kepada status mereka.
 Photos
Feed dari aktivitas foto album anda dan teman – teman dalam friendlist anda. Upload foto terbaru, atau teman anda dan anda yang di tag ke dalam satu album
 Posted Items
Feed item – item yang dipost oleh teman anda. (mulai saat ini, teman – teman dalam friendlist kami singkat menjadi teman ada. Link, Notes, Photos, Videos, pokoknya item yang dipost, pemberitahuannya ada disini.
 Live Feed
Kurang lebih seperti News Feed, bedanya konetn Live Feed lebih ke aktifitas terakhir yang di lakukan teman anda.
Sidebar :
 Request: Jika ada permintaan, entah permintaan menjadi teman atau ajakan menggunakan aplikasi terbaru, akan anda dapati “peringatan”nya disini
 Application: Link menuju halaman Application yang anda bookmark.
 Invite Your Friends
 Pokes: poke, arti harafiahnya “colek”. coba lihat profile teman anda, di bawah avatar utamanya. Misalkan nama teman anda Anto, ada link “poke Anto”? poke merupakan fitur untuk itu. Misalkan anda mengunjungi profile seseorang, dan sekedar ingin memberitahukan pemilik profile tersebut bahwa anda mengunjungi profilenya, dari pada post wall yang tidak nyambung lebih baik di “poke”. Pokes yang ada di halaman home ini menunjukan orang – orang yang mem-poke anda
 Birthdays: Sesuai namanya, mengabarkan jika anda teman anda yang berulang tahun
Halaman Profil:
Menu utama di atas dan menu aplikasi yang menempel di bawah browser tetap sama, namun kontennya berbeda. Garis besarnya, kita dapat mengatakan bahwa halaman profile facebook ini terdiri dari tiga kolom :
 Kolom sidebar di sebelah kiri
 Kolom utama yang berada di tengah
 Kolom advertise di sebelah kanan
Kolom paling kiri berisi avatar utama, link kirim pesan, personal information, daftar teman, dan aplikasi – aplikasi yang ditampilkan di profile. Kolom di tengah berisi “main content” dari halaman profile yang disajikan dalam bentuk tab : Tab Wall yang berisi update status dan feed kegiatan anda sendiri, Tab Info yang berisi informasi personal mengenai diri anda, Tab Photos yang berisi foto yang anda upload DAN foto orang lain yang di tag dengan nama anda, serta foto – foto yang dikumpulkan menjadi photo album, tab boxes yang berisi aplikasi yang anda bookmark, dan tab + untuk menambahkan tab baru di profile anda. Kolom di sebelah kanan, berisikan advertising.
Fungsi Facebook
Sebagaimana kita tahu, bahwa situs ini adalah situs yang paling banyak dibuka orang saat mengakses internet. Manfaat dari situs facebook ini sangat banyak, kita bisa mencari teman baru melalui situs ini dan kita bisa bertemu kembali dengan teman lama yang sudah lama tidak bersua. Tetapi sekarang fungsi facebook kerap kali disalahgunakan. Seperti halnya di Surabaya facebook digunakan untuk melakukan perdagangan wanita, dimana wanita diperjualbelikan dengan mudah. Ini adalah salah satu contoh penggunaan facebook yang salah. Situs ini memang banyak sekali manfaatnya akan tetapi banyak juga kekurangannya tergantung bagaimana kita menggunakan facebook tersebut.

Respon Masyarakat Terhadap Munculnya Facebook

Situs jejaring facebook telah lama diluncurkan oleh seorang lulusan Harvard, yaitu sejak 2004 silam. Dan sampai saat ini situs ini sudah berkembang pesat diseluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Sebagian besar Masyarakat Indonesia sedikit banyak mengenal Facebook, terutama di kalangan Mahasiswa. Munculnya Facebook di dalam Masyarakat menimbulkan pengaruh yang cukup signifikan. Banyak yang mendukung keberadaannya, tapi tidak sedikit pula yang menolaknya. Karena situs ini sangatlah terbuka di berbagai aspek kehidupan Masyarakat. Ada yang menggunakannya untuk sekedar menyapa teman, ada yang bermain game, dll. Disisi lain beberapa orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan situs jejaring sosial ini untuk melakukan hal-hal yang diresahkan masyarakat, sebagai contoh, kasus sindikat penjualan gadis di dunia maya. Selain itu kasus penculikan gadis banyak terjadi di beberapa tempat di Indonesia.

Pengaruh Facebook dari aspek Sosial, Budaya, dan Ekonomi pada Masyarakat
Perkembangan teknologi yang semakin waktu semakin cangih, sedikit banyak membawa pengaruh, baik sosial, ekonomi, maupun budaya. Banyak sisi positif, namun tak sedikit pula sisi negatif. Inilah konsekuensi yang harus dihadapi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada pada era globalisasi saat ini.
Pengaruh Sosial:
Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi dan komunikasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan internet mulai menjadi gaya hidup sehari-hari. Perubahan teknologi, seperti penemuan situs jejaring sosial yang fenomenal (facebook) ini juga memicu perubahan sosial dalam masyarakat. Semakin canggih teknologi saat ini semakin mudah pula kita memperolehnya.
a) Addiction
Dampak negatif lainnya adalah addiction atau ketergantungan. Facebook memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu atraktifnya media tersebut, membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. Ketika kita berada di hadapan komputer yang tersambung internet kita bisa melakukan apa saja seperti curhat dengan menuliskannya di status, sharing via chatting, dan lain-lain.
b) Antisocial Behavior
Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan dari penyalahgunaan facebook adalah antisocial behavior. Dimana pengguna situs tersebut tidak lagi peduli kepada lingkungan sosialnya dan cenderung mengutamakan facebook. Selain itu, pengguna facebook tersebut tidak peduli lagi apa yang terjadi disekitarnya, satu-satunya yang dapat menarik perhatiannya hanyalah komputer dengan jaringan internet saja. Orang akan menjadi lebih jarang berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, sehingga kemampuan interpersonal dan emosionalnya tidak berkembang secara optimal. Hasil penelitain Stonford Institution for The Quantitative of Society menyimpulkan bahwa semakin sering seseorang menggunakan internet, maka semakin kurang kontaknya dengan lingkungan sekitar (dalam Suara Pembaharuan, 2/9/2001). Lama kelamaan, seseorang akan sulit menjalin komunikasi dan membangun relasi dengan orang-orang disekitarnya. Bila hal tersebut tidak segera ditanggulangi akan menumbulkan dampak yang sangat buruk, yang dimana manusia lama kelamaan akan sangat individualis dan tidak akan ada lagi interaksi ataupun sosialisasi.
Manusia menjadi malas untuk bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Dengan fasilitas yang ada di dalam internet, maka di zaman yang serba canggih dan modern ini segalanya bisa dilakukan dengan duduk di tempat tanpa perlu beranjak dari tempat duduk dan meninggalkan aktivitas seseorang. Mulai dari belajar,maen game, memesan tiket, belanja, hingga memesan makanan dapat dilakukan tanpa beranjak dari tempat sedikitpun. Memang akan menjadi lebih mudah tetapi orang akan lebih tidak peduli dengan rasa sosial.
Ekonomi:
Facebook memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. Diakui atau tidak, facebook merupakan situs jejaring sosial yang dianggap sebagai media paling efektif dan efesien untuk promosi dan berkomunikasi secara interaktif. Facebook memberikan banyak manfaat secara ekonomi, salah satunya adalah sebagai media promosi perusahaan. Facebook bisa menjadi salah satu media yang efektif untuk berpromosi bagi perusahaan. Efektif karena sangat mudah, gratis dan juga memiliki respon yang besar. Bahkan saat ini Facebook diklaim sebagai media komunikasi periklanan yang paling efektif. Dengan Facebook perusahaan dapat memperkenalkan profil atau produknya. Selain itu bisa membentuk komunitas, juga membuka kemungkinan saling menyapa atau komunikasi dua arah. Hal ini memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan ekonomi di dunia.
Selain sebagai media promosi perusahaan, facebook juga meningkatkan penjualan Smartphone. Popularitas Facebook tidak diragukan lagi. Pengguna Facebook lebih fanatik daripada pengguna situs jaringan sosial lainnya. Misalkan: beberapa pengguna Black Berry mengaku bahwa salah satu alasan mereka membeli smartphone tersebut adalah hanya karena ingin meng-update account Facebook nya setiap saat. Dengan kata lain, facebook membantu perusahaan smartphone meningkatkan produktivitasnya.
Diantara kelebihan-kelebihan yang ada, facebook juga memberikan pengaruh negatif secara ekonomi kepada penggunanya. Jika masyarakat menengah ke atas mengakses facebook dengan media pribadi, maka masyarakat menengah ke bawah akan mengakses jejaring sosial tersebut dengan fasilitas umum, seperti warnet atau menggunakan media pribadi, seperti handphone yang berfasilitas internet. Namun, berapa biaya yang dikeluarkan dalam sejam hanya untuk mengakses situs tersebut di warnet? Berapa pulsa yang dihabiskan hanya untuk sekedar meng-update status? Jika dianalogikan, masyarakat menengah ke bawah akan mendapatkan pengaruh ekonomi (secara negatif), sedangkan masyarakat yang notabenenya menengah ke atas tidak akan mendapatkan pengaruh jika dilihat dari biaya pengaksesan. Dengan kata lain, sedikit banyak facebook akan mempengaruhi stabilitas ekonomi pribadi mereka, bagi masyarakat menengah ke bawah.
Budaya:
Facebook merupakan salah satu produk perkembangan teknologi yang saat ini menjadi pusat perhatian bagi sebagian besar masyarakat di berbagai belahan dunia. Facebook seakan menjadi oase bagi mereka yang gemar berinteraksi di dunia maya. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran budaya. Budaya tradisional yang sebelumnya mengakar di negeri ini perlahan mulai tergeser seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Kegiatan online atau kerap kali disebut dengan OL menjadi suatu kebiasaan yang lazim dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari politisi, pengusaha, mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga pun menggemari kegiatan ini.
Cyber community mewabah, menjamah seluruh lapisan masyarakat, baik kalangan atas maupun kalangan menengah ke bawah. Namun hal ini menjadi salah satu penghambat kelestarian budaya di Indonesia. Masyarakat cenderung mengabaikan budaya-budaya tradisional yang lebih dulu mengakar di negeri ini. Masyarakat yang dulunya masih tradisional, bermain di halaman rumah bersama keluarga dan tetangga dengan menggunakan peralatan tradisional kini beralih ke warnet atau menghadap komputer di rumah yang berfasilitas internet (mengakses facebook). Update status, saling comment, chatting, upload foto, nge-wall merupakan kebiasaan baru yang dilakukan oleh masyarakat di akhir dasawarsa ini.
Kebiasaan online yang sering dilakukan oleh komunitas dunia maya (facebooker), menjadi sebuah kebudayaan baru yang akhirnya berkembang, sehingga budaya baru yang terbentuk akan mengeser budaya yang ada. Fakta yang demikian memberikan bukti tentang betapa negara-negara penguasa teknologi mutakhir telah berhasil memegang kendali dalam globalisasi budaya khususnya di negara ke tiga. Peristiwa transkultural seperti itu mau tidak mau akan berpengaruh terhadap keberadaan kesenian dan budaya tradisional di Indonesia, sehingga budaya yang ada saat ini perlahan mulai tergeser. Padahal kesenian tradisional yang kita miliki merupakan bagian dari khasanah kebudayaan nasional yang perlu dijaga kelestariannya.
Peran Serta Pemerintah dalam proses Perkembangan Facebook
Perkembangan teknologi di Indonesia sudah sejak lama dinikmati oleh banyak orang. Tidak dipungkiri lagi Facebook adalah salah satu produk Perkembangan teknologi komunikasi yang saat ini sedang banyak digandrungi Masyarakat di Indonesia. Facebook sudah sangat berkembang di Indonesia, namun dalam perkembangannya, Pemerintah tidak banyak andil dalam proses perkembangan situs jejaring sosial ini. Perkembangan Facebook hanya mengalir seperti air, karena sebagian masyarakat merasa bahwa situs ini adalah kebutuhan bagi mereka.
Penggunaan Facebook yang cukup pesat di Indonesia tidak lepas disebabkan dengan munculnya Warnet dan produk-produk provider yang sudah sangat banyak di Indonesia. Dengan itu semua, Masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet yang kemudian menggunakan situs ini.
Tidak ada campur tangan Pemerintah dalam perkembangan situs jejaring ini. Peran Pemerintah juga tidak cukup signifikan dalam membatasi produksi produk-produk provider dan membatasi pengelolaan Warung Internet. Sehingga Facebook terus berkembang bersamaan dengan munculnya situ-situs jejaring sosial yang lainnya. Selain itu pemerintah juga tidak cukup efektif dalam membatasi situs-situs yang bebau SARA.
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081230070249AATNKDg
http://tiwexs.wordpress.com/2010/03/04/manfaat-facebook/
http://pimb-tips.blogspot.com/2009/08/tips-cara-aman-bermain-facebook.html
http://www.facebook.com/topic.php?uid=125180703472&topic=9016

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: