UAS pertekom 01

Definisi
iPhone 4 adalah telepon genggam revolusioner atau yang lebih tepat evolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. tau yang sering disbut juga smart-phone yang juga sebagai penyempurna iPhone 3 generasi sebelumnya, yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan konsumennya, setelah pihak Apple Inc. mengevaluasi produk iPhone 3GS. Secara specifik iPhone 4, dikembangkan dan dipasarkan untuk kebutuhan video call dan kebutuhan lainnya seperti, buku, film, music dan akses internet
iPhone ini dijalankan dengan menggunakan operatic system IOS Apple, operatic sytem yang sama yang digunakan oleh iPad dan iPad touch. iPhone ini dikendalikan oleh ujung jari di layar multi-touch, yang mana layar multi-touch didisain sensitif pada kontak ujung jari si penggunanya.
Perbedaan yang mencolok pada iPhone sebelumnya yaitu pada disainnya yang baru yang terlihat lebih futuristic, yang digabungkan dengan rangka steinless steel yang juga sebagai antenna perangkat. Komponen internal perangkat ini terletak diantara 2 panel kaca aluminosilikat, mempunyai prosesor Apple A4 dan memorinya 512 MB eDRAM. Layarnya 3,5 inci diagonal dengan rasio 1.5:1 menggunakan LED backlite Retina display
960-by-640-pixel resolution at 326 ppi. iPhone mempunyai 2 kamera di depan dan di belakang, spesifikasi kamera yang dibelakang 5 MP back-side illuminated sensor HD video (720p) at 30 fps 1.75 μm size pixels 5× digital zoom. Kamera yang didepan 3 MP (VGA) SD video (480p) at 30 fps 25.17 μm size pixels. Menambah sensasi video call menjadi lebih terasa nyata dengan adanya kamera tersebut. Koneksi internet iPhone 4 mengggunakan Quadband 3G UMTS radio, Wifi dan Bluetooth.
Mempunyai banyak fitur lainnya seperti facetime, multitasking, iPod, AirPlay, dll.
Fungsi
iPhone 4 sepeti halnya telepon genggam lainnya berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, pengiriman dan penerimaan pesan singkat / sms, hal yang ditambahkan pada smart-phone yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrstruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), wireless LAN,Bluetooth, dlll. Iphone 4 juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line , dll. Mempunyai banyak fitur lainnya seperti facetime, multitasking, iPod, AirPlay, find my phone, iBook, iMovie, maps, voice control, dsb.
Reaksi munculnya iPhone 4
Reaksi Media untuk Steve Jobs ‘ pengumuman 4 iPhone umumnya positif. Pengenalan tatap muka video-calling, itu bukan fitur mengejutkan, tetapi sebaliknya berfokus pada bagaimana perangkat lebih kuat daripada pendahulunya , cepat, mudah digunakan dan akan membuat task yang sebelumnya susah tampak seperti mudah dengan adanya multitasking. Kemudian masyarakat lebih menilai bahwa kamera iPhone 4 ini lebih canggih dan dapat merekam HD video dan memilik software editingnya yang mudah digunakan. Beberapa majalah dan jurnalis menjadikan iPhone 4smartphone terbaik di pasar sekarang, yang memberikan 4 iPhone rating 8,6 dari 10, salah satu peringkat tertinggi telah memberikan smartphone apapun. Sesuai apa ayng diharapkan konsumen yang senang akan produk smartphone ini.
Tak lama setelah launching iPhone 4 ini mengalami masalah teknis dan banyak complain yang idlayangkan oleh konsumen antara lain dengan amsalah antenna yang sering terjadi kesalahan saat panggilan atupun memegang ponsel teresebut dan bagian hasil jepretan kamera yang membuat kualitas gambra menjadi lebih rendah dari iPhone 3GS. Masalah lain dilaporkan oleh beberapa pengguna dalam beberapa hari dari rilis 4 iPhone adalah bahwa selama panggilan sensor jarak bisa sensitif, sehingga wajah kontak dengan touchscreen bisa mengakhiri panggilan, panggilan bisu, dan memanggil nomor lain. Yang akhirnya pihak Apple memberikan solusi pengembalian iPhone 4 diganti dengan iPhone baru atau dikembalikan dengan tunai atau juga dengan service gratis bila ada kerusakan pada iPhone tersebut.
Analisis iPhone dengan adanya perubahan dari aspek sosial, budaya, dan ekonomi
Beberapa dampak sosial, budaya dan ekonomi yang terjadi saat penggunaan iPhone beserta aplikasi didalamnya. Adanya video-call orang-orang akan lebih memilih sering menggunakan fitur ini bila ingin berkomunikasi daripada langsung bertatapmuka, dengan alasan dengan video-call ini sudah seperti bertemu langsung didepannya. Dengan kehadiran Alat dan aplikasi ini, hubungan atau interaksi yang terjadi adalah antara manusia dan alat, dengan segala macam kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini manusia menjadi akan menjadi ketergantungan dengan alat ini. Dengan keunggulannya, seperti ketepatan dalam penghitungan pemakaian listrik, dan bahan bakar fosil dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global. atau penggunaan aplikasi ini sebagai remote AC. Menghadirkan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi para konsumennya. Membuat malas bergerak. Adanya ketidakserempakan saat penggunaan alat ini, karena masing-masing konsumen memiliki perbedaan kebutuhan saat penggunaan alat ini. Fitur – fitur yang ada di iPhone 4 ini tidak semua bersifat free, ada yang harus konten yang download dulu dan menggunakan pulsa. Dan tarifnya bermacam – macam tiap konten yang ada. Seperti e-Buddy, yang mana dapat memudahkan pengguna untuk saling berkomunikasi dengan orang lain menggunakan aplikasi klien IM multi-network ini. Dibandrol dengan kisaran harga 4.99 USD atau sekitar 50 ribu rupiah, aplikasi ini tak hanya memudahkan Anda berkomunikasi menggunakan Facebook Chat, ICQ, Gtalk, AIM, MySpace, Windows Live Messenger dan Yahoo Messenger. Kemudian iTunes, yang rata – rata lagunya via download, aplikasi dan game, dan sebagianya. Semua orang pasti sudah mengerti kalo iPhone diposisikan menjadi ponsel premium so sudah pasti si usernya akan lebih ‘loyal’ untuk membeli aplikasi berbayar. Yang konsumennya hanya berada disekitar middle-class keatas.
Peran pemerintah dalam proses difusi inovasi di dalam Iphone 4
Sejauh yang saya amati, produk smart-phone ini tidak mempunyai andil apa – apa pada pemerintah, hanya sebatas mengatur traffic import barang tersebut masuk ke Indonesia. Hanya berpengaruh ekonomi pada sebagian masyarakat saja yang menggunakan produk ini.

M. Yuniar F – 09922411

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: