Tipping point – hukum yang sedikit

Malcom mengatakan Keberhasilan darisetiap jenis epidemi sosial sangat tergantung pada keterlibatan orang dengan satu set tertentu dan langka hadiah sosial.” Menurut Gladwell, ekonom menyebutnya”Prinsip 80/20″, yang merupakan ide bahwa dalam situasi apa pun sekitar 80 persendari ‘kerja’ akan dilakukan oleh 20 persen dari peserta. ”

Berbeda esensi namun memiliki keterkaitan yang erat dimana kadang di dalam perjalanan mewujudkan satu idea ke idea yang lain sering kali kita gagal. Namun suatu saat ketika satu idea yang tengah diusahakan mendapatkan tipping point yang tepat maka tanpa disadari segala titik di belakang tersebut merupakan karunia yang saling terhubung menuju satu tipping point itu sendiri.

Bagi mereka yang tertarik pada bagaimana untuk memulai dan menjadi trendsetter, buku ini berisi berbagai ilustrasi menarik. Terutama dalam penggambaran mengenai The Law of the Few yaitu 3 orang yang mampu menyebarkan ide, tren baru dan menciptakan fenomena ketok tular:

Konektor adalah orang-orang yang “link kami dengan dunia, orang dengan hadiahkhusus untuk menyatukan dunia.” Mereka adalah “segelintir orang dengan bakatsungguh luar biasa untuk membuat teman-teman dan kenalan”. Gladwell ciri orang-orang ini memiliki jaringan sosial lebih dari seratus orang.

Maven adalah “spesialis informasi”, atau “orang yang kita mengandalkan untuk menghubungkan kita dengan informasi baru.” Mereka mengumpulkan pengetahuan,terutama tentang pasar, dan tahu cara berbagi dengan orang lain. Menurut Gladwell ,mulai Maven “word-of-mulut epidemi” karena pengetahuan, keterampilan sosial, dan kemampuan untuk berkomunikasi.  Gladwell, “Maven benar-benarbroker informasi, berbagi dan perdagangan apa yang mereka ketahui”.

Salesman adalah “pembujuk”, orang-orang karismatik dengan kemampuannegosiasi yang kuat. Mereka cenderung memiliki sifat tak dapat dijelaskan yang melampaui apa yang mereka katakan, yang membuat orang lain ingin setuju denganmereka.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: