The Tipping Point

The Tipping point karya Malcolm Gladwell adalah Sebuah buku yang bagus dan membuat anda dapat melihat dunia dengan cara dan sudut pandang berbeda, Menyikapi bagaimana hal hal kecil berhasil menjadi hal hal yang besar, dengan uraian contoh dan peristiwa yang mengagumkan.

Pengertiannya

Penegrtia tippingpoint, yaitu sesuatu yang tiba-tiba menjadi trend dan semua orang membicarakan dan beramai-ramai menirunya, ternyata diperankan oleh sedikit orang yang berperan sebagai trend setterTrend setter inilah yang dikatakan Malcolm Gladwell sebagai titik nyala api (tipping point), dimana tidak ada satupun unsur budaya yang dapat menghentikan pergerakan itu. atau juga bisa diartikan secara singkat saat ajaib ketika sebuah ide, perilaku, pesan dan produk menyebar seperti wabah penyakit menular.

Dalam bukunya Malcolm ini, dia memeperkenalkan kita pada tipe – tipe kepribadian orang yang secara alami bisa bertindak sebagai peneyebar ide dan tern baru, orang yang bisa menciptakan fenomena word of mount atau ketok tular. dalam buku ini membahas dan menganalisis tren – tren dalam dunia mode, merokok acara televisi dan anak2x, direct mail sampai pada hari -hari pertama Revolusi Amerika.

Salah contoh fenomenanya HUSH PUPPIES ( sepatu klasik) tipping point tejadi sekitar tahun 1994, pas saat itu produknya hampir mati, penjualan menurun sampai 30000 ribu pasang perthaun, perusahaan yang membuat sepatu itu sempat untuk menghentikan produksinya. Tiba tiba sesuatu terjadi, pada pembukaan  cabang sebuah rumah mode 2 executive hush puppies bertemu dengan percancang modedari new york berbincang bincang santai sampai menyinggung tentang hush puppies klasik di gandrungi kembali para hipster di klub2x  dan kafe-kafe dikawasan pusat bisnis  Manhattan. kemudian dia bercerita awal mulai bisa kembali booming, ia bercerita tentang beberapa toko bekas di village dan di soho yang menjual sepatu2x buatan hush puppies. banayak yang menyerbu toko tersebut dan memborongnya semua, 2 executive hush puppies (Owen Baxter dan Geoffrey Lewis) tak terlalu menganggapi hal tersebut malah menganggap guyonan. kemudian berjalannya waktu sekitar musim semi 1995  hsuh puppies banjir order sampai 430000 pasang telah terjual , tahun berikutnya semakin bertambah samapi tahun 1996 hsuh puppies mendapat penghargaan unutk aksesoris terbaik dari Council of Fashion Designer.

Ditilik dari awalnya, entah iseng atau emang tampil beda gara gara sebuah remaja tanpa bermaksud untuk mempromosikannya, samapi hingga meneybar bagaikan wabah yang sangat menular ke remaja remaja lain sampai ke perancang mode yang menceritakan sepatu hush puppies mulai digemari ke 2 executive hush puppise tersebut.

rujukan:

Malcolm Gladwell, 2000, Tipping Point; How Little Things Can Make a Big Difference, Edisi Indonesia, Tipping Point; Bagaimana Hal-hal Kecil Dapat Menghasilkan Perubahan Besar, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002

akan dilanjutkan besok tentang 3 kaidah epidemi — — —- —–>

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: