Pengertian Teknologi Komunikasi dan Sejarahnya

Kata teknologi berasal dari bahasa latin yang berakar dari kata textere, yang artinya menyusun atau membangun.
Teknologi  Textere menyusun, membangun
Namun pengertian teknologi tidak dapat dibatasi hanya pada penggunaan peralatan mesin, meskipun dalam arti sempit dalam percakapan sehari-hari istilah tersebut sering digunakan.
Teknologi adalah “a design for instrumental action that reduces the uncertaintyin cause-effect relationships involve in achieving a desired outcome” (Roger, 1983). Teknologi merupakan sebuah seperangkat untuk membantu aktivitas kita dan dapat mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat yang melingkupi dalam mencapai suatu tujuan.
Sedangkan komunikasi adalah “the process of sending and receiving message between two person or among a small group of person, with some effect and some immediate feed back in present” atau proses penyampaian dan penerimaan pesan di antara dua orang atau lebih dalam jarak fisik dengan kelima indera dapat digunakan dan feed back langsung ada di dalamnya.
Lalu apa definisi dari Teknologi Komunikasi?
Teknologi komunikasi  Peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nialai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain (Rogers,1986)

KARAKTERISTIK TEKNOLOGI KOMUNIKASI
• Teknologi Komunikasi adalah alat
• Teknologi Komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur ekonomi, sosial dan politik
• Teknologi Komunikasi membawa nilai-nilai dari struktur yang melahirkannya
• Teknologi Komunikasi berfungsi meningkatkan kemampuan indra manusia.
Coba sebutkan apa saja yang termasuk dalam teknologi komunikasi, berdasarkan pengertian dan karakteristik yang telah dipaparkan! Klasifikasikan berdasarkan urutan dari teknologi tradisional hingga modern.
Yang perlu diingat, teknologi selalu memiliki dua aspek, yakni hardware (yang terdiri dari obyek material atau fisik) dan software (terdiri dari informasi untuk mengoperasikan hardware). Karena sifat hardware yang visible, terkadang mempengaruhi persepsi kita tentang teknologi komunikasi (selalu berpersepsi pada aspek hardware).
Teknologi komunikasi dapat membawa seorang individumelintasi batas ruang dan waktu serta mendapatkan informasi yang tidak didapat sebelumnya (McLuhan, 1965). Manusia telah menjadikan teknologi media sebagai jendela dunia (a window to the world) dan dapat mengetahui kejadian-kejadian yang jauh jaraknya tanpa perlu hadir langsung di lokasi kejadian (Noegroho, 2010: 4).

PERBEDAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi adalah pemrosesan, pengolahan dan penyebaran data oleh kombinasi komputer dan telekomunikasi. Teknologi informasi menitik beratkan bagaimana data diolah. Sedangkan teknologi komunikasi adalah Peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nialai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi dengan individu-individu lain

HUBUNGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DENGAN KEBUDAYAAN
Hubungan perkembangan teknologi komunikasi dengan kebudayaan bisa dilihat dari 3 (tiga) sudut pandang:
• Teknologi Komunikasi sebagai faktor yang determinan dalam masyarakat,ia bisa menciptakan perubahan sosial dan mengubah kehidupan masyarakat. Misalnya menjadi lebih egaliter.
• Teknologi Komunikasi sebagai industrialisasi, ia diciptakan secara massal dalam jumlah yang banyak.
• Teknologi Komunikasi sebagai alat yang baru, ia mendorong manusia untuk terus berinovasi menciptakan “kemudahan-kemudahan” dalam menjalin komunikasi.
Menurut Rogers, pesan yang dibawa teknologi komunikasi mendidik pemakainya untuk:
• Melakukan demasifikasi: Demassified atau demasifikasi adalah sebuah perubahan dari penggunaan secara massal (massification) teknologi komunikasi menjadi penggunaan secara individual. Demasifikasi bisa juga diartikan sebagai sebuah era yang ditandai oleh semakin aktifnya user/ komunikan/ khalayak/ konsumen/ dalam penggunaan media yang dipakainya. Perusahaan kontrol berubah dari produsen ke konsumen. Konsumen dengan bebas memilih media sesuai pesan yang diinginkannya (http://elisabetyas.wordpress.com/2008/11/24/dampak-positif-dan-dampak-negatif-pocket-pc-phone/) .
• Menyesuaikan diri
• meningkatkan interaksi

TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN MASYARAKAT INFORMASI
“Technological change has placed communication on front of lines of a social revolution” (William Paisley).  Perubahan teknologi telah menempatkan komunikasi pada lini terdepan pada revolusi sosial.
Munculnya teknologi komunikasi pada hakekatnya didorong oleh kebutuhan untuk gerak atau perpindahan materi pesan supaya dapat mengatasi ruang dan waktu. Perkembangan teknologi komunikasi yangpesat merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat informasi.
Masyarakat informasi adalah masyarakat yang:
• Menjadikan informasi sebagai komuditas yang sangat berharga ekonomis
• Berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem komunikasi global
• Mengakses informasi superhigway.
Perkembangan teknologi komunikasi dunia cyber sepert internet bagi setiap bangsa di dunia, tidak bisa terhindarkan dari terjangan arus informasi yang sangat deras. Arus informasi baik yang positif maupun negatif tidak mampu terbendungkan dan dapat dengan mudah di akses oleh semua orang.
Mahkluk hidup seperti manusia selalu membutuhkan informasi untuk menjaga kelangsungan hidupnya, dan untuk mendapatkan informasi tersebut manusia perlu berkomunikasi dengan manusia lain. Kemajuan teknologi komunikasi yang sedemikian super-high speed ini, berakibat pada informasi sangat berlimpah dan seolah-olah tidak mempunyai batas lagi. (Noegroho, 2010: 6-7)
Dissayanake (1983) mengartikan revolusi komunikasi sebagai peledakan teknologi komunikasi seperti terlihat melalui meningkatnya penggunaan satelit, mikro-prosesor komputer, dan pelayanan radio tahap tinggi, serta perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi yang ditempa oleh bidang sosial, ekonomi, politik, kultur, dan gaya hidup manusia. Sedangkan Schramm (1988) mengingatkan bahwa perkembangan yang dinamakan revolusi komunikasi adalah merupakan bagian dari serangkaian perubahan yang telah berlangsung dalam sejarah kehidupan manusia selama ini. (Nasution, 1989: 2)
Menurut Majid Tehranian (1982), dalam 25 tahun terakhir ada tiga kekuatan yakni kekuatan teknologis, sosio-ekonomi, dan politik. Tiga kekuatan ini yang mengubah struktur sistem internasional ketingkat tertentu, bahkan suatu pandangan yang cukup realistik pun harus mempertimbangkannya, yaitu:
1. Eksplosi teknologis yang bergerak cepat di lapangan komunikasi dimana revolusi dalam bidang satelit komunikasi dan teknik mikro-prosessor mencerminkan dua ilustrasi yang paling dramatis. Konvergensi dari enam teknologi yang masing-masing berkembang secara agak terpisah yakni: percetakan, penyiaran, point to point communication, komputer, satelit dan mikro-prosessor menjadi suatu revolusi teknologi yang telah dicirikan sebagai revolusi industri kedua.
2. Di pihak lain, perangkatkekuatan kedua telah dibentuk oleh dorongan demokratisasi dari suatu proses revolusioner sedunia yang bermula dari dikenalnya media massa.
3. Sementara media telah berfungsi sebagai saluran baik bagi berlangsungnya konflik ideologis sebagai pembangkit konsensus sedunia, krisis dimensi sedunia juga telah memberikan sumbangan bagi tumbuhnya suatu “suku baru” (new tribe) warga negara dan organisasi dunia yang melintasi batas-batas dan kesetiaan nasional. (Nasution, 1989:7)

Teknologi komuniksi memiliki keterkaitan dengan masalah sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Bisa saja pemakaian teknologi komunikasi menguntungkan, misalnya meningkatkan produktivitas, memperpendek waktu dan jarak. Tetapi, tidak berarti ia tidak menimbulkan persoalan. Sehubungan dengan hal tersebut, tepatlah diungkap bahwa ada dua jenis konsekuensi sosial teknologi komunikasi yang penting, yaitu:
(1) Perubahan Hubungan Sosial;
(2) Transformasi Sosial.

Selain itu, juga terdapat konsekuensi kultural teknologi komunikasi yang menonjol, yaitu:
(1) Perubahan Sistem Nilai dan Norma;
(2) Penyerahan Sebagian Otoritas Diri pada Teknologi Komunikasi.

DETERMINISME TEKNOLOGIS

Marshall McLuhan, media-guru dari University of Toronto memetakan sejarah kehidupan manusia ke dalam empat periode: a tribal age (era suku atau purba), literate age (era literal/huruf), a print age (era cetak), dan electronic age (era elektronik). Menurutnya, transisi antar periode tadi tidaklah bersifat bersifat gradual atau evolusif, akan tetapi lebih disebabkan oleh penemuan teknologi komunikasi.

Saat ini kita, sedang berada dalam era keempat, electronic age yang ditandai dengan ditemukannya berbagai macam alat atau teknologi komunikasi. Telegram, telpon, radio, film, televisi, VCR, fax, komputer, dan internet. Manusia kemudian menjadi hidup di dalam apa yang disebut sebagai “global village”. Media massa pada era ini mampu membawa manusia mampu untuk bersentuhan dengan manusia yang lainnya, kapan saja, di mana saja, seketika itu juga.

Inti dari teori McLuhan adalah determinisme teklologi. Maksudnya adalah penemuan atau perkembangan teknologi komunikasi itulah yang sebenarnya yang mengubah kebudayaan manusia. Jika Karl Marx berasumsi bahwa sejarah ditentukan oleh kekuatan produksi, maka menurut McLuhan eksistensi manusia ditentukan oleh perubahan mode komunikasi. (http://yearrypanji.wordpress.com/2008/06/03/determinisme-teknologi-marshall-mcluhan/)
Em Griffin (2003) mengatakan, “Nothing remains untouched by communication technology”. Benarkah?
McLuhan berpikir bahwa budaya kita dibentuk oleh bagaimana cara kita berkomunikasi. Paling tidak, ada beberapa tahapan yang layak disimak. Pertama, penemuan dalam teknologi komunikasi menyebabkan perubahan budaya. Kedua, perubahan di dalam jenis-jenis komunikasi akhirnya membentuk kehidupan manusia. Ketiga, sebagaimana yang dikatakan McLuhan bahwa “Kita membentuk peralatan untuk berkomunikasi, dan akhirnya peralatan untuk berkomunikasi yang kita gunakan itu akhirnya membentuk atau mempengaruhi kehidupan kita sendiri”.
Dilema yang kemudian muncul seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi adalah bahwa manusia semakin didominasi oleh teknologi komunikasi yang diciptakannya sendiri. Teknologi komunikasi bukannya dikontrol oleh manusia namun justru kebalikannya, kita yang dikontrol oleh mereka.
Bagaimana dengan anda?
SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TEK.KOM.

Secara umum Empat revolusi dalam bidang komunikasi yang di rangkum Bell (1979) sebgai wujud dari gambaran panjang perkembangan komunikasi manusia:
• Dalam Bicara
• Di temukannya tulisan
• Penemuan percetakan
• Dalam hal hubungan jarak jauh.

Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian pesan / informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Komunikasi dan atau Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET.

Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa ini Tek kom yang dikembangkan manusia berfungsi sebagai pengenalan bentuk yang mereka kenal dengan menggambarkannya di dinding-dinding Goa, kearena pada awalnya kemampuan komunikasi manusia hanya dalam bentuk dengusan dan gerakan tangan.
• Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada masa ini Teknologi Komunikasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi komunikasi masih digunakan oleh kalangan-kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus, dan mahal!

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
• 3000 SM ; Untuk yang pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.
Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda(penyebutan), sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
• 2900 SM ; Penggunakan Huruf Hierogliph pada bangsa Mesir Kuno. Hierogliph merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan di wakili oleh simbol yang berbeda, yang ketifka digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda, bentuk tulisan dan bahasa hierogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
• 500 SM ; Serat Papyrus digunakan sebagai kertas
Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.

Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
• 105 M ; Bangsa Cina menemukan Kertas
Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang, kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan, penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem Cap.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1830 ; Augusta Lady Byron Menulis program komputer yang pertama didunia berkerjasama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Yang didesain mampu memasukan data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC I dibentuk.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
Tahun 1837; Samuel Morse mengembangkan Telegraph dan bahasa kode Morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman dan Penerimaan Informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1861; Gambar bergerak yang peroyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali di gunakan sebagai cikal bakal film sekarang.
• Tahun 1876; Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal.
• Tahun 1877
 Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan Telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum.
 Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1899; Dipergunakan sistem penyimpanan dalam Tape (pita) Magnetis yang pertama.
• Tahun 1923; Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
• Tahun 1940 ; Dimulainya pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1945; Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan Hypertext.
• Tahun 1946; Komputer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan.
• Tahun 1948; Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1957
 Jean Hoerni mengembangkan transistor Planar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.
 USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan yang pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) dibawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dalam bidang Militer.

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
 Tahun 1962
Rand Paul Barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan suatu sistem jaringan desentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang Nuklir.
 Tahun 1969
Sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes (titik), antara University of California, SRI (Stanford), University California of Santa Barbara, dan University of Utah.dengan kekuatan 50Kbps
 Tahun 1972
Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang pertama

Masa Modern ( 1400-an M s/d sekarang )
• Tahun 1973 – 1990
Istilah INTERNET diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian difkenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 National Science Foundation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah Server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantara; DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.

Tahun 1991- Sekarang.
 1992 pembentukan komunitas Internet, dan diperkenal kannya istilah World Wide Web oleh CERN
 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan Internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), Jasa Registrasi (oleh Network Solution Inc,), dan jasa Informasi (oleh General Atomics/CERFnet),
 1994 pertumbuhan Internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah kedalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.
 1995, Perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone, langkah ini memulai pengembangan Teknologi Informasi khususnya Internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: