Kesimpulan PER.TEK.KOM 06.10.10

 Teknologi komunikasi dilahirkan oleh adanya budaya, dan budaya dapat mempengaruhi perkembangan teknologi komunikasi. Sebagai contoh di zaman dahulu manusia membutuhkan waktu yang lama untuk berkomunikasi jarak jauh, manusia menulis surat dan mengirimkannya dengan burung merpati, setelah sekian lama manusia mulai bosan dan mengembangkannya dengan mengirimkan surat melalui jasa post, dan akhir-akhir ini sebagian orang islam di Indonesia sudah banyak melupakan budaya kirim ‘kartu ucapan’ di hari raya idhul fitri setelah adanya handphone. Hal ini menandakan bahwa budaya dapat melahirkan teknologi dan teknologi dapat mempengaruhi budaya.

 Proses demasifikasi adalah proses dimana manusia mengalami perubahan budaya, dari budaya yang lama ke budaya yang baru. Perubahan itu disebabkan karena teknologi dapat mempengaruhi budaya seseorang.

 Masyarakat Informasi adalah Masyarakat yang menjadikan informasi sebagai komunitas yang sangat berharga ekonomis. Masyarakat informasi berhubungan dengan masyarakat lain dalam system komunikasi global. Masyarakat informasi adalah masyarakat yang mengakses informasi super haighway.

 4 era teknologi komunikasi menurut Mac.Lohan :

1. Fribal age
2. Literage age
3. Print age
4. Electronic age

Kesimpulan perkuliahan PER.TEK.KOM 06.10.10

 Tiga (3) pendekatan memahami teknologi komunikasi :

1. Dystopian, masyarakat berhati-hati dan kritis terhadap penerapan teknologi, karena bagi mereka teknologi hanya akan membawa dampak negatif saja.
2. Neo-futuris, masyarakat menganggap bahwa teknologi adalah segalanya.
3. Tekno-realis, yaitu sebagai ‘penengah’ antara Dystopian dan Neo-futuris. Menganggap bahwa teknologi mempunyai manfaat-manfaat praktis yang dapat digunakan namun tanpa harus melawan nilai-nilai kemanusiaan.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: