Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Perbedaan Perkembangan Teknologi dalam Masyarakat

Perkembangan Teknologi Komunikasi merupakan proses yang sudah lama terjadi di dunia ini. Masyarakat dunia sudah lama mengenal teknologi, bahkan sampai saat ini teknologi komunikasi sudah masuk ke beberapa daerah terpencil (jauh dari perkembangan teknologi).

Teknologi Komunikasi lahir dari tangan manusia, bahkan segala perkembangan yang ada di dunia ini lahir dari tangan manusia. Manusia menciptakan teknologi karena Ia diciptakan sebagai makhluk yang berakal dan selalu memiliki motivasi untuk selalu berkembang. Tetapi jika kita lihat dari sejarah perkembangan teknologi komunikasi, manusia menciptakan teknologi karena Ia memilki budaya. Sebagai contoh di zaman dahulu manusia membutuhkan waktu yang lama untuk berkomunikasi jarak jauh, manusia menulis surat dan mengirimkannya dengan burung merpati, setelah sekian lama manusia mulai bosan dan mengembangkannya dengan mengirimkan surat melalui jasa post, dan akhir-akhir ini sebagian orang islam di Indonesia sudah banyak melupakan budaya kirim ‘kartu ucapan’ di hari raya idhul fitri setelah adanya handphone. Hal ini menandakan bahwa budaya dapat melahirkan teknologi dan teknologi dapat mempengaruhi budaya.

Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan perkembangan teknologi dalam masyarakat adalah :

 Faktor Keluarga

Keluarga dianggap mempengaruhi perbedaan perkembangan teknologi dalam masyarakat, karena keluarga memiliki banyak pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat, diantaranya dari segi ekonomi, keluarga ekonomi atas tentunya beda dengan ekonomi bawah, karena dengan uang seseorang bisa dengan mudah mengenal teknologi komunikasi. Seseorang bisa dapat dengan mudah mempelajari dan menggunakan teknolgi komunikasi jika Ia memilikinya. Seseorang yang tidak punya uang akan lebih sulit, bahkan tidak mau tau dan tidak mau menggunakan teknologi yang ada dengan alasan boros dalam pengeluaran. Ada juga faktor dari ideologi keluarga, keluarga yang memiliki pemikiran kolot tidak mau menerima adanya teknologi-teknologi komunikasi yang ada, bahkan tidak mau menggunakannya dengan alasan susah untuk menggunakannya dan memiliki banyak dampak negatifnya. Tetapi keluarga yang pintar mau menerima dan menggunakan teknologi komunikasi untuk mempermudah komunikasi dan memperoleh informasi.

 Faktor Sekolah

Faktor sekolah yang dianggap dapat mempengaruhi perkembangan teknologi komunikasi yaitu penerapan system dan model pembelajaran dalam sekolah tersebut. Jika sekolah menerapkan teknologi sebagai model pembelajarannya, maka siswa akan dapat dengan mudah mengenal, memahami dan menggunakan teknologi. Begitupun sebaliknya, jika sekolah hanya memberi pembelajaran secara manual dan tidak mengenalkan teknologi maka siswa akan kesulitan untuk memahami dan menggunakan teknologi. Tetapi lain halnya jika seorang siswa bergaul dengan temannya yang memahami teknologi, maka lambat laun, secara tidak sadar dia akan memahami teknologi dari temannya itu.

 Faktor Lingkungan

Lingkungan adalah tempat bersosialisasi dengan orang lain atau bergaul dengan teman. Pergaulan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi manusia, baik dalam perkembangan seseorang dalam mengenal teknologi ataupun yang lainnya. Jika seseorang bergaul dengan kelompok yang mayoritas menyukai teknologi, maka Dia akan ikut-ikutan suka dengan teknologi. Begitu juga jika seseorang bergaul dengan orang yang menyukai game, maka lama-lama Dia akan menyukai game juga. Hal ini membuktikan bahwa lingkungan dapat berpengaruh besar pada pergaulan, dan pergaulan akan banyak mempengaruhi seseorang dalam mengenal, memahami dan menggunakan teknologi.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: